Tajuk


Menggugat Saintis UIN Walisongo
Oleh: Tim Penulis

Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Semarang mendapat berbagai pandangan buruk dari berbagai mahasiswa fakultas lain. Pandangan sejumlah kalangan menilai mahasiswa saintek hanya sibuk dengan urusan kampus dalam bidang akademik semakin menimbulkan perasaan tidak mengenakkan bagi mahasiswa saintek itu sendiri, pasalnya mereka beranggapan tidak semuanya yang diasumsikan itu benar adanya. Walaupun terkadang memang benar ada segelintir mahasiswa yang hanya fokus dalam akademiknya dan bersikap acuh dengan kegiatan apapun yang diadakan di kampus.
Mahasiswa memang dituntut untuk pandai dalam mengatur waktunya, tidak dipungkiri memang setiap perkuliahan biasanya selalu ada tugas yang harus diselesaikan. Dalam menyelesaikannya juga tidak membutuhkan waktu yang sebentar. Hal itu tergantung dari mahasiswa tersebut bagaimana menyikapinya dalam kehidupan bermasyarakat dalam kampus. Jangan sampai dengan tuntutan yang diberikan tersebut menjadikan mahasiswa lalai dan tidak up to date dengan keadaan – keadaan ataupun isu-isu terhangat yang sedang terjadi.
Pandangan masyarakat terhadap mahasiswa saintek juga dipengaruhi faktor orang yang beranggapan mengenai arti dari Fakultas Sains dan Teknologi itu sendiri yang selalu berfokus pada lingkup sains. Salah satu mahasiswa Fakultas Ushuluddin dan Humaniora juga meyebutkan bahwa bersosialiasai dan bermasyarakat dalam kampus itu perlu dilakukan untuk menunjang kehidupan selanjutnya setelah kita benar-benar terjun ke masyarakat nyata, tidak hanya sebatas wilayah UIN Walisongo.
Pandangan buruk mahasiswa saintek ini ditangkis dengan pernyataan dari mahasiswa saintek sendiri. Salah satu anggota DEMA Fakultas Sains dan Teknologi mengemukakan pendapatnya bahwa tidak semua mahasiswa saintek acuh pada kegiatan kampus. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang aktif mengikuti organisasi kampus seperti, Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), organisasi daerah, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), dan lain – lain. Mereka juga menjelaskan bahwa tidak selalu mahasiswa saintek sibuk dengan laporan praktikum ataupun tugas kuliah lainnya, melainkan mereka juga aktif dalam berbagai organisasi baik dalam lingkungan kampus ataupun organisasi yang ada dilingkungan masyarakat. Mereka sibuk dengan perkuliahan dan kegiatan lainnya sehingga membuat mereka seperti menutup diri dari orang lain yang tidak bersangkutan dengan mereka.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Revisi Makalah